Fodder Jagung Hidroponik, Pakan Alternatif Hijauan Bergizi Tinggi Untuk Kambing dan Domba

Fodder Jagung Hidroponik, Pakan Alternatif Hijauan Bergizi Tinggi Untuk Kambing dan Domba
Kambing sedang menikmati pakan dari jagung hidroponik
Fodder jagung hidroponik adalah alternatif baru bagi peternak kambing dan domba, metode pakan ini cocok diterapkan bagi peternak yang memiliki lahan hijauan yang mini, karena fodder jagung ini bisa disusun dalam rak-rak dan tidak memakan banyak tempat.
Fodder jagung sederhananya adalah membenihkan butiran jagung kemudian disemai tanpa media tanah sampai umur 11-14 hari dan diberikan kepada kambing dan domba sebagai alternatif pakan yang sangat bergizi, bersih dan bebas polusi.
Proses pembuatan fodder jagung hidroponik ini sangat sederhana.
Siapkan media tampung berupa baki atau nampan atau wadah yang agak besar dan datar ( kami menggunakan wadah dari bambu yang dasarnya kami lapisi dengan spanduk / banner bekas ).
Fodder Jagung Hidroponik, Pakan Alternatif Hijauan Bergizi Tinggi Untuk Kambing dan Domba 01
Biji jagung disemai setelah direndam
Untuk ukuran wadahnya silahkan saja, besar kecilnya bisa disesuaikan dengan ruangan yang tersedia atau disesuaikan dengan rak nya ataupun disesuaikan dengan kebutuhan pakan hijauan kambing dan dombanya.
Bagian bawah wadah silahkan di lobangi kecil-kecil supaya air tidak menggenang yang nantinya bisa menyebabkan busuk akar Siapkan biji jagung, kemudian direndam dalam air biasa selama 12 jam, kalau mau lebih simple direndam jam 6 sore sampai dengan jam 6 pagi.
rak penampung Fodder Jagung Hidroponik, Pakan Alternatif Hijauan Bergizi Tinggi Untuk Kambing dan Domba
Rak untuk menampung tanaman hidroponik
Biji jagung yang sudah direndam kemudian ditebar di media, untuk menjaga butiran jagung tetap lembab kami menutupnya dengan koran yang dibasahi.
Lakukan penyiraman menggunakan sprayer selama 3 atau 4 jam sekali tergantung cuaca.
Pada hari ke-2 akan mulai muncul tunas kecil, lakukan penyiraman secara rutin, kalau pembuatan foddernya skala besar, baiknya menggunakan timer sprayer sehingga anda tidak capek menyiram.
Ketika fodder berumur 10 hari maka, akar jagung sudah tinggi sekitar 2 cm dan berwarna putih bersih.
tunas jagung Fodder Jagung Hidroponik, Pakan Alternatif Hijauan Bergizi Tinggi Untuk Kambing dan Domba
Jagung tumbuh tunas setelah beberapa hari
Pada hari ke 11-14 silahkan melakukan pemanenan dengan cara menggulung foddernya dan menyiram air pada akar fodder supaya menghilangkan aroma air yang masih tersisa di bagian akar.Untuk pemberian pada kambing dan dombanya, silahkan akar fodder di potong kecil-kecil sehingga akan memudahkan kambing dan domba memakan semua fodder dari ujung akar sampai dengan ujung daun, jadi tidak ada yang tersisa.
Beberapa kali kami melakukan pembuatan fodder, dari bulir jagung 1kg maka akan menghasilkan fodder jagung berat kisaran 7-10 kg.
Fodder Jagung Hidroponik, Pakan Alternatif Hijauan Bergizi Tinggi Untuk Kambing dan Domba
Cara panen jagung hidroponik dengan digulung
Artinya dengan biaya benih jagung sekitar 3-4rb, akan menghasilkan pakan hijauan berkualitas tinggi seberat 7-10 kg.
SELAMAT MENCOBA
Salam Wirausaha
Disalin oleh DeRayen di Pelemsewu Shop dari Eta Wa
Latest
Previous
Next Post »